16. 10 Cloverfield Lane – “Saudara Sedarah” Dari Cloverfield Yang Memukau

10cl_poster

10 Cloverfield Lane menampilkan paranoia akhir dunia dalam thriller cerdas yang mengaduk-aduk emosi penonton ini

Kembali ke tahun 2008 yang lalu, Cloverfield, sebuah film bergaya found footage tentang sekelompok orang yang berusaha menyelamatkan diri dari kekacauan, yang disebabkan serangan alien di jantung kota New York. Film ini sukses besar di box office, terima kasih untuk serangkain promosi yang brilian, dan mendapat review yang positif dari para kritikus (situs Rotten Tomatoes menyebutnya sebagai persilangan sukses antara Blair Witch Project dan Godzilla). Kesuksesannya juga berhasil meluncurkan karir tim dibalik film ini, terutama untuk sutradara Matt Reeves dan penulis skenario Drew Goddard. Nama terakhir baru saja mendapat nominasi Oscar pertamanya untuk pekerjaannya di The Martian. Intinya, kesuksesan Cloverfield yang tak terduga (budget rendah, tanpa aktor bintang, sutradara yang kurang dikenal) telah membuat banyak kalangan menanti sekuelnya. Namun, setelah bertahun-tahun yang dipenuhi rumor, “Cloverfield 2” sepertinya tidak akan pernah terwujud.

Hingga pada Januari 2016 lalu, J.J. Abrams mengumumkan sebuah film low budget yang ia sebut sebagai “saudara sedarah” Cloverfield, berjudul 10 Cloverfield Lane. Diangkat dari skenario yang ditulis oleh Josh Campbell dan Matthew Stucken, 10 Cloverfield Lane lagi-lagi menggunakan sutradara yang kurang dikenal, Dan Trachtenberg. Pertanyaan besarnya, apakah ini benar-benar sekuel dari Cloverfield? Setelah ending yang sama-sama kita tahu di Cloverfield, kemanakah arah franchise ini akan dibawa? Saya tidak akan menjelaskan itu secara mendalam di sini, namun saya dengan senang hati untuk mendiskusikannya dengan anda setelah anda menontonnya.

10_cloverfield_lane_paramount_winstead.0.0

Film dimulai dengan memperkenalkan kita pada Michelle (Mary Elizabeth Winstead yang luar biasa) yang setelah pertengkaran dengan tunangannya Ben (meminjam suara Bradley Cooper), memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan mobilnya keluar kota. Di tengah perjalanan, Michelle mengalami kecelakaan yang membuatnya tidak sadarkan diri. Saat kesadarannya pulih, Michelle menemukan dirinya diborgol di sebuah bunker milik Howard (John Goodman dalam penampilan akting kelas Oscar), yang melarangnya untuk keluar dari sana karena, menurut Howard, udara di luar sudah terkontaminasi radioaktif akibat serangan “pihak asing”. Haruskah Michelle mempercayai Howard? Benarkah sedang terjadi kepunahan umat manusia di luar sana? Seiring berjalannya waktu dan kenyataan yang semakin terungkap, Michelle harus segera mengambil keputusan, bertahan hidup dalam bunker atau keluar untuk menghadapi apapun yang ada di luar sana.

cloverfield5-xlarge

Jujur, secara pribadi, saya sempat merasa ragu apakah sutradara dan tim penulis bisa menghadirkan cerita yang menarik dengan setting satu lokasi, sebuah bunker. Apakah 10 Cloverfield Lane akan menjadi sebuah kisah klise tentang bagaimana bertahan hidup dalam sebuah bunker? Tentu saja tidak. Tambahkan elemen misteri di sana, dan situasi menjadi lebih menegangkan. Josh Campbelle dan Matthew Stucken, ditambah bantuan penulis pemenang Oscar, Damien Chazelle, berhasil membangun keambiguitasan tokoh Howard, yang di satu sisi menjadi penyelamat Michelle dari kecelakaan fatal, namun di sisi lain meyimpan berbagai misteri akan latar belakangnya. Dinamika hubungan antara tokoh-tokoh yang tidak saling mengenal satu sama lain ini ditampilkan dengan penonton sebagai pihak ketiga, yang juga digiring untuk mempertanyakan tentang kebenaran di balik ini semua. Dikombinasikan dengan unsur humor yang pas pada tempatnya, 10 Cloverfield Lane dijamin akan membawa anda dalam roller coaster emosi yang mengasyikkan. A must watch.

Rating: 4/5

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s