2016 Oscar Predictions: The Revenant or Spotlight?

oscars-best-film-xlarge

Oscars 2016 tinggal menunggu hitungan jam saja. Sebelum penghargaan mulai dibagikan, inilah prediksi saya mengenai pemenang Oscar tahun ini. Oh ya, saya tidak akan mengulas semua kategori, hanya pada kategori yang sering dianggap lebih memiliki “gengsi” dibanding kategori lainnya.

Best Achievement in Editing

Film-film yang dinominasikan tahun ini memiliki karakter editing yang saya sukai dan memang menonjol tahun ini. Yang terdepan tentu saja The Revenant dan Mad Max: Fury Road, namun The Big Short dan monster hit tahun lalu, Star Wars: The Force Awaken bisa menjadi kuda hitam. Sayangnya, Spotlight sepertinya hampir tidak memiliki peluang sama sekali. Menurut pendapat saya, Margaret Sixel akan menang untuk perkejaan hebatnya dalam Mad Max: Fury Road.

Best Achievement in Cinematography

Saya sangat menyukai hasil pekerjaan Roger Deakins di Sicario, terutama di adegan terowongan yang mencekam. Sayangnya, Sicario tidak terlalu terdengar gaungnya dalam kampanye musim penghargaan tahun ini, sehingga kemungkinan besar yang menjadi pemenang adalah The Revenant atau Mad Max: Fury Road. Dan menurut saya Emmanuel Lubezki akan memboyong Oscar ketiganya dalam 3 tahun berturut-turut untuk The Revenant.

Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published

Emma Donoghue dan Drew Goddard melakukan pekerjaan yang brilian untuk Room dan The Martian. Tapi Oscar tahun ini sepertinya akan menjadi milik The Big Short yang naskah briliannya tentang krisis ekonomi tahun 2008 membuat kita, saya tepatnya, ingin menonton dan menonton lagi.

Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen

Isu rasial yang membayangi perhelatan Oscar tahun ini bisa saja membuat Straight Outta Compton tiba-tiba menjadi pemenang. Bukan berarti skenario yang ditulis Andrea Berloff and co. itu tidak bagus, namun nominee tahun ini memiliki persaingan yang cukup kuat. Bridge of Spies dan Inside Out mempunyai peluang, tapi sepertinya Spotlight lah yang akan keluar sebagai pemenang.

Best Achievement in Directing

Yeah, I know. Alejandro G. Innaritu menyapu bersih semua penghargaan besar tahun ini untuk The Revenant. Tapi akan sangat menyenangkan melihat Adam McKay atau George Miller bisa keluar sebagai pemenang. Dengan mengesampingkan tren, saya sangat berharap George Miller akan menang untuk Mad Max: Fury Road.

Best Performance by an Actress in Supporting Role

Karena saya hanya menonton Spotlight dan Steve Jobs, pilihan saya ada di Kate Winslet yang tampil menawan dalam Steve Jobs.

Best Performance by an Actor in Supporting Role

Mungkin ini adalah kategori yang paling sulit diprediksi tahun ini. Terdiri dari nama-nama yang mumpuni, dengan kualitas akting yang sama bagusnya. Christian Bale, Tom Hardy, Mark Rufallo, Mark Rylance dan Sylvester Stallone memilik peluang yang sama dan sama layaknya menggenggam piala emas Oscar. Penghargaan besar lain juga turut andil membuat persaingan di kategori ini makin ketat, dengan masing-masing memberikan penghargaan kepada aktor yang berbeda. Untuk saya sendiri, dengan mengesampingkan kecintaan saya pada Mark Rufallo, saya rasa Christian Bale lah yang akan meraih Oscar keduanya untuk film The Big Short.

Best Performance by an Actress in Leading Role

Hampir sama dengan kategori Supporting-nya, untuk kategori ini saya hanya menonton Room dan Brooklyn, sehingga pilihan saya tetap jatuh pada Brie Larson untuk film Room.

Best Performance by an Actor in Leading Role

Hanya satu nama yang berhasil menyapu bersih semua penghargaan besar tahun ini. Satu nama yang telah menanti sekian lama untuk menggenggam piala emas Oscar. Satu nama yang hampir tiap tahunnya memberi kita akting dan film yang hebat. Satu nama itu adalah Leonardo DiCaprio untuk film The Revenant.

Best Picture

Untuk kategori ini, sebenarnya agak sedikit tertebak dari hasil penghargaan-penghargaan lain sepanjang bulan Januari dan Februari ini. Meskipun brgitu, mari kita liat satu per satu nomineenya. Yang paling lemah mungkin adalah Brooklyn. Meskipun digarap dengan sangat indah, film ini kurang memiliki kekuatan untuk bersaing dengan film lain di kategori ini, yang mengangkat isu lebih kompleks atau penggarapan yang lebih dramatis. Selanjutnya adalah Mad Max: Fury Road dan The Martian. Keduanya sangat baik dari segi kualitas maupun komersilnya, tetapi sepertinya para anggota Academy lebih menilai film-film ini lebih menonjol sisi komerilnya dikarenakan cerita yang agak tertebak. Bridge of Spies dan Room bisa menjadi kuda hitam, terutama Room yang mengejutkan semua pihak dengan ide cerita yang tidak biasa. Yang terdepan diantara para nominee lain tentu saja adalah Spotlight dan The Revenant, yang sama-sama meraup banyak penghargaan sebelumnya. The Revenant mendapat semua hypenya, ditambah dengan kisah behind the scene yang cukup “gila”. Tetapi dari segi topik yang diangkat, Oscar punya sejarah memberi penghargaan pada film-film dengan isu-isu yang lebih membumi (ingat dengan kemenangan Crash di tahun 2008?). Karena itu, dengan sedikit mengabaikan hasil-hasil penghargaan lain, saya memprediksi Spotlight lah yang akan membawa pulang Oscar untuk kategori ini.

Begitulah prediksi saya, bagaimana dengan anda?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s